Community Gathering: Garuda Social Miles by Garuda Indonesia

Thursday, April 09, 2015

Assalamualaikum warrahmatullah wabarakatuhu!
Ada yang pengen terbang gratis pakai Garuda Indonesia? You'd better watch this post out! hahaha.

Hi there! kali ini saya mau share ke kalian tentang event yang beberapa hari lalu saya hadiri. Berawal dari e-mail yang masuk ke inbox saya berisi undangan Media & Community Gathering dari Garuda Indonesia, like, seriously, hahaha. Saya juga sempet heboh sewaktu baca e-mailnya. I mean, it's The Airlines of Indonesia loh, hahaha ampun noraknya. E-mail tersebut kurang lebih isinya tentang undangan acara pengenalan website media sosial baru Garuda Indonesia yaitu www.garudasocialmiles.com yang juga bagian dari Garuda Miles.

Awalnya sempat ragu sih acara apaan ini jangan-jangan hoax karena saya mah apa atuh kan *nyadar* jadi saya langsung googling deh nama sang pengirim email dan pembicara di acara tersebut nanti. Salah satu pembicara utamanya adalah Daniel Tumiwa yaitu VP Digital Business Garuda Indonesia. Dari hasil perselancaran, saya pun jadi tau kalau beliau ini dulunya adalah Manager dari PT Multiply Indonesia (pasti tau kan?) sekarang beliau sudah bergabung dengan Garuda Indonesia sekaligus menjabat sebagai CEO OLX Indonesia. Okelah, akhirnya saya pun yakin untuk datang ke gathering yang memilih venue di Roaster & Bear, Jl. Mangkubumi tersebut.

Daniel Tumiwa memberi sambutan kepada peserta gathering

Acara dibuka oleh MC, dilanjutkan sambutan dari bapak Daniel Tumiwa. Setelah mendengar brief isi acara yang disampaikan, ternyata yang akan menjadi menjadi pengisi acara utama adalah Mba Festa sebagai manajer Digital Bussiness Garuda Indonesia yang kemudian menjelaskan tujuan diadakannya gathering, menjelaskan apa saja isi dan hal-hal perlu diketahui dari Garuda Social Miles.

Mba Festa menjelaskan tentang fitur Garuda Social Miles kepada para peserta
Garuda Social Miles sendiri merupakan platform media sosial baru yang dikembangkan oleh tim Garuda Indonesia, bertujuan untuk lebih memantaskan diri sebagai 'The Airlines of Indonesia' dengan mendekatkan diri pada kekhasan Indonesia melalui dunia digital dan komunitas di dalamnya. Cieh, contoh peserta yang baik dan memperhatikan nih, hahaha.

Mba Festa juga menjelaskan bahwa Garuda Social Miles sedang giat mengajak anak-anak bangsa untuk bergabung dalam usaha tersebut, terutama para blogger dan siapapun yang aktif dalam media sosial dan tertarik dengan travelling (I mean, who doesn't?). Itulah sebabnya kami diundang. Garuda Social Miles sekarang ini memiliki dua fitur utama, yaitu Discover dan Travelopedia seperti bisa dilihat pada tampilan slide yang saya jepret diatas. Fitur Travelopedia lebih mengarah ke destinasi wisata, dan fitur Discover mengarah ke pengalaman wisata seperti kuliner, shopping, dan budaya. Lebih jelasnya kalau kalian masuk ke situs ini, kalian akan langsung dihadapkan pada dua pilihan fitur tersebut. Lagi-lagi kita dihadapkan pada dua pilihan ya temans, eaaa.


Dalam situs media sosial baru Garuda Indonesia ini, kita bisa menemukan berbagai destinasi wisata yang menarik di Indonesia. Berikut adalah hal yang paling ingin saya share dan alasan utama saya menulis post ini, yaitu selain mencari info wisata, kita bisa bergabung sebagai user.

User maksudnya adalah kita bergabung menjadi pihak yang menyarankan lokasi wisata potensial di daerah asal kita atau wilayah manapun di Indonesia dengan memposting hasil jepretan sendiri disertai deskripsi menarik. Caranya mudah, namanya juga media sosial, so, kita hanya perlu Sign Up atau membuat akun di website tersebut. Untuk sementara ini kita belum bisa mendaftar dengan GarudaMilesID, tapi ada tiga cara yang diberikan dan kita bisa memilih salah satunya, yaitu menggunakan Facebook, Google+, atau Twitter.


Trus keuntungannya apa sih dari bergabung menjadi user Garuda Miles ini? mana terbang gratisnya? hahaha. Okay, kita juga tau kan, literally, gak ada yang bener-bener gratis di muka bumi ini, hahaha. Everything happens for a reason, halah. Saya juga kena banget sama godaan 'terbang gratis' nya pak Daniel Tumiwa sewaktu sambutan. Gak cuma saya, kata-kata tadi langsung mengalihkan dunia semua peserta sampai MC nya pun noleh, yang tadinya gak merhatiin, langsung fokus, hahaha. Tapi jangan salah sangka, postingan saya ini bukan postingan tipu-tipu. Kita bisa banget terbang gratis dengan Garuda Indonesia, gimana caranya? ada penjelasannya...

Jadi, Garuda Indonesia ini punya program loyalti yaitu Garuda Miles (tanpa 'social' loh ya) mungkin sudah ada yang tau, program tersebut merupakan penghargaan bagi pelanggan setia Garuda berupa Miles atau poin yang diberikan setiap kali terbang, kalau dikumpulkan, akumulasi poin yang disebut Mileage ini bisa ditukar dengan award ticket ke destinasi pilihan, atau upgrade kelas penerbangan. Okay, itu buat pelanggan Garuda ya. Nah, melalui Garuda Social Miles kali ini, Garuda Indonesia ingin mengajak para pecinta travelling untuk bergabung dan membagikan inspirasinya kepada Garuda Indonesia berupa submit gambar destinasi wisata yang kemudian akan diberikan reward berupa mileage, dan seperti diatas tadi, apabila mileage diakumulasikan, dapat ditukar dengan award ticket! begitu ceritanya, siapa sih yang gak pengen terbang gratis? pakai Garuda Indonesia lagi, adek juga mau bang!...

So, gimana supaya bisa cepat terbang gratis? yang pertama adalah daftar menjadi user. Setelah akun berhasil dibuat dan sudah Log In, biasalah, lakukan hal yang biasa dilakukan ketika membuat akun di sosmed, yaitu menambahkan foto profil, deskripsi, ataupun background profil. Lalu, submit objek wisata yang ingin kita bagikan dengan klik 'Sarankan Objek Wisata'.

Peran kita sebagai User kurang lebih adalah seperti reviewer. So, sangat dianjurkan kita sudah pernah mengunjungi tempat tersebut, jadi intinya memang lebih banyaklah pergi berjalan-jalan dan mengeksplorasi daerah kita sendiri, tak hanya alam, kuliner pun bisa. Tentunya jangan lupa menjepret lokasi tersebut menggunakan kamera kita sendiri. Gambar/foto yang dikirimkan juga harus memenuhi syarat berikut;
  • jernih dan berkualitas, tidak harus hasil kamera DSLR, boleh hasil kamera ponsel.
  • fokus pada objek wisata (bukan foto selfie/wefie)
  • maksimal ukuran 5 mb

Menurut Garuda, ada satu buah tombol utama dalam website mereka yang sangat penting dan dianggap sakral, yaitu tombol 'BOOK NOW' hahaha. Garuda sendiri tiap tahunnya menyiapkan total 1,000,000 (satu juta) mileages untuk dibagikan, dan kata pak Daniel sih, tahun kemarin dari total sejuta, cuma sekitar 60,000 milages saja yang di reward-kan, sisa banyak tuh. Mereka pun agaknya bingung bagaimana mileages ini bisa berguna dan tidak hanya diam sia-sia.

Nah, Garuda Social Miles ini agaknya juga menjadi salah satu cara yang digagas Garuda sebagai 'The Airlines of Indonesia' agar para wisatawan domestik maupun mancanegara bisa mendapat informasi yang lengkap dan menarik tentang Indonesia sehingga pada akhirnya memutuskan untuk meng-click tombol 'BOOK NOW' pada website mereka, Garuda Social Miles pun menjadi titik temu agar mileages dapat mendatangkan manfaat bagi para penggemar travelling dan manfaat bagi Garuda sendiri. Toh, siapa lagi yang mau mempromosikan Indonesia kalau bukan kita sendiri? ya kan!


Saya datang sendiri karena undangan berlaku untuk satu orang dan saat sampai di sana sudah ada beberapa peserta lain yang sibuk ngobrol dengan rekannya sambil menunggu acara dimulai. Kebanyakan mereka sih udah saling kenal karena diundang satu komunitas, saya juga sih berharapnya ketemu sama orang yang saya kenal, temen lama kek, atau member IHB wilayah Jogja misalnya, supaya gak bengong dan wagu, tapi ternyata, yap, I'm all aloneee, dan penyebabnya sih agaknya udah jelas.

Anyway, setelah ngobrol panjang lebar tentang bla bla bla diatas, kami pun sampai pada lunch break sambil beramah-tamah dengan pejabat perwakilan Garuda (wheee, beneran ini) dan pihak Garuda Indonesia Yogyakarta. Saya kebetulan paling junior *ngerasanya* kebetulan udah kelaparan sih langsung ngacir untuk makan siang dan cuma nguping para senior, hehehe.

I'm alooneeee, but I'm HUNGRY...hahaha....
Dari hasil kenalan sana-sini saya ketemu dengan travel blogger, food blogger, admin-admin website dan akun media sosial berbau travelling dan adventure, kemudian kaskuser, dan komunitas-komunitas digital lainnya yang sudah pro di bidangnya masing-masing, pantes aje. Then, me? why me? padahal blog saya ini kan niche nya lebih ke 'fashion blog' hahaha, dan kesendirian saya waktu itu bikin saya mikir, ini pasti gara-gara saya bikin post category #EXPLOREJOGJA yang isinya sejumlah foto-foto report ngebolang saya ke beberapa pelosok Jogja.

Post-post tersebut sih selain salah satu wujud kebanggan saya sebagai warga Jogja, saya sendiri juga seorang fashion blogger yang doyan jalan-jalan, dan Alhamdulillah respon yang saya dapet juga lumayan (according to pageviews yang ribuan *pamer*). Jadi, ceritanya kemarin itu saya adalah fashion blogger kesasar, pantes gak ada orang yang saya kenal, hahaha.  Okay, gak apa-apa, yang jelas gathering ini sudah menambah kenalan dan pengalaman hidup saya, ahaay. Thank You Garuda!



Indonesia punya budaya yang luar biasa kaya, dan keindahan alam yang gak ada duanya. Saya sebagai warga Jogja, ataupun anda yang juga berdomisili di Jogja, kita sudah diuntungkan banget dengan situasi Jogja yang very cultural, menarik dari sisi budaya, kuliner, maupun alamnya. Tinggal kita saja yang harus lebih giat mengeksplorasi seluk beluk kota Jogja.

So, setelah bergabung dengan Garuda Social Miles, aktiflah menjadi crowdsourcing yang giat men-submit gambar destinasi wisata, lalu kumpulkan milages sebanyak-banyaknya supaya bisa terbang gratis dengan Garuda Indonesia! hehehe. Kapan lagi terbang gratis cuma dengan share jepretan jalan-jalan kita? Demikianlah pemirsaaah informasi yang ingin saya share ke anda semua, semoga bermanfaat yah, and thanks for reading! :)

Love, Lia 

You Might Also Like

7 sweetness

  1. dua pilihan?? lagi lagi??? #eaa

    keren deh post-nya, Lia!
    jadi semangat buat lebih memperhatikan detail saat traveling, biar bisa jadi reviewer yg oke :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mba prim! travelling bukan sekedar melihat, tapi juga mempelajari, apalagi di daerah sendiri yang isinya budaya sendiri, semangat submit ya mba! ;)

      Delete
  2. Nice info!! menambah wawasan banget, saya jadi tertarik buat account di Garuda Social Miles.
    Dengan begini jalan-jalan ga sekedar menghabiskan uang aja, ga hanya senang-senang dan menyalurkan hobi tetapi juga mempromosikan objek wisata tanah air plus dapat tiket gratis dari Garuda. Tapi ini hanya untuk objek wisata dalam negeri aja yah, kalau kita pengen share foto tempat wisata di luar negeri ga bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, hihi, alhamdulillah. Sementara ini sepertinya gak bisa mba, targetnya destinasi wisata Indonesia yang di sarankan oleh warga Indonesia sendiri. Lagian kurang pas kan mba kalau objek wisata luar kok yg promosiin orang Indonesia :D

      Delete
  3. Waaaah senengnya lia hihi diundang. Gak norak kok, kalo aku jadi kamu mesti juga girang wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bener kan mba, tapi emang saya mungkin agak norak dikit :-p

      Delete
  4. nyasar kesini, kemudian senang baca infonya, nice..nice..nice hehhehee... cuss daftar ah..

    ReplyDelete

Leave your thoughts below.

Like us on Facebook

Flickr Images