Hangout Pintar di Microsoft YouthSpark Yogyakarta 2017

Wednesday, May 24, 2017


Gak melulu tentang fashion and beauty, as a blogger, aku juga tertarik banget sama all things technologies, yah meskipun jujur sebagai anak generasi 90an akunya belum termasuk yang canggih-canggih banget (paling pol yaaa menciptakan blog yang serba otodidak ini), aku selalu kagum sama orang yang ngerti dan pinter coding, bikin aplikasi or website yang keren.

Yaay, excited karena kali ini aku dapat kesempatan untuk hadir di acara yang keren banget yaitu YouthSpark 'Exhibition and Showcase' yang diadakan oleh Microsoft Indonesia di Balai Wanitatama Yogyakarta. Pertama kalinya diundang langsung semangat dong, siapa sih yang nggak tau Microsoft? dari jaman pertama kali menyentuh komputer pun, sudah didampingi Microsoft, ya kaan? 


Nah, exhibition kali ini adalah acara tahunan yang diprakarsai oleh YCAB Foundation bergandengan dengan Microsoft Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Pemerintah D.I. Yogyakarta, bertujuan untuk membimbing adik-adik SMP dan SMA di DIY dan daerah sekitarnya, dalam hal computer science dan work readiness.

Saya pun nggak langsung paham ketika membaca undangan acaranya, apa maksud dari computer science dan work readiness inihh? Ketika menghadiri acara, barulah saya paham setelah mendengar opening talk dari penyelenggara dan adik-adik alumni YouthSpark tahun sebelumnya.


Kalau dijelaskan secara singkat, dalam acara ini adik-adik peserta YouthSpark ID dibimbing mempelajari computer science, khususnya 'coding' yang diwujudkan dalam bentuk apps. Kemudian ada juga pendampingan 'work readiness' dimana mereka diajak untuk menyusun timeline masa depan, tak hanya bercita-cita tapi juga membuat perencanaan dalam mewujudkan profesi impian mereka.

Bersama salah satu peserta yang mempresentasikan timeline work readinessnya sebagai Guru Bahasa Inggris
First thing that went through my head, keren! jaman kakak sekolah dulu nggak ada yang ngajarin coding dek, semua ini kakak jalani sendiri dengan kekuatan laptop jadul. Kerennya lagi, adik-adik peserta ini berasal dari sekolah-sekolah di luar Kotamadya Jogja loh, pada umumnya sekolah mereka belum memiliki fasilitas IT dan belum terjangkau internet sebaik sekolah di dalam kota. 

Basically, sekolah unggulan memang bukanlah hal utama, yang lebih utama adalah menggali potensi tersembunyi yang dimiliki peserta didik di berbagai sekolah di Yogyakarta yang mungkin belum memiliki fasilitas IT sebaik sekolah unggulan di kota. Itulah alasan mengapa YCAB Foundation dan Microsoft lebih mengarahkan acara ini untuk diikuti adik-adik yang bukan berasal dari sekolah di kota, dan ternyata, kemampuan adik-adik kita ini sangat luar biasa dan nggak kalah keren!


Dalam acara ini, berlangsung penjurian dan pemilihan ciptaan terbaik dari kurang lebih 2000 peserta. Masing-masing sekolah memiliki perwakilan kelompok yang menciptakan berbagai macam aplikasi mulai dari layanan sosial, desain grafis, sampai aplikasi games dengan grafis yang keren banget dan sukses bikin saya heran dan bisik sendiri, kok bisa ya?


Acara ini berlangsung selama 2 hari, dan di hari ke-2, saya bersama teman-teman blogger lainnya berkesempatan untuk ngobrol dan sharing bersama pihak Microsoft Indonesia, YCAB Foundation, dan Pemerintah DIY tentang program Jogja Cyber Province.

So, Jogja Cyber Province adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anak muda di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk memahami pentingnya teknologi dalam mengubah masa depan menjadi lebih baik dan menjadikan mereka sebagai SDM yang kompetitif di masa depan, dan rangkaian programnya kurang lebih antara lain;

  1. Program Pelatihan Siap Kerja Berbasis TIK yang diikuti oleh sejumlah 2000 anak muda;
  2. Pelatihan Ilmu Komputer dengan menciptakan aplikasi digital yang relevan dengan isu local yang dikuti sejumlah 250 anak muda;
  3. Pelatihan TIK dan Penerapan Teknologi Dalam Konsep Pembelajaran Abad 21 yang diikuti oleh 150 guru;
  4. Pengembangan dan penggunaan aplikasi E-Rapport (Solusi digital untuk mengotomatisasi rapor siswa) di lebih dari 50 sekolah untuk mengurangi penggunaan kertas.

Keren nggak sih anak-anak SMP SMA jaman sekarang sudah bisa canggih banget mencari ide untuk mewujudkan karya-karya mereka. Gak ada deh kayaknya yang nggak bisa dibikin sama mereka, karir mereka masih panjang kedepan dan kalau sekarang mereka sudah bisa menciptakan yang seperti sekarang, pasti mereka bisa bikin yang jauh lebih hebat nantinya.

Melihat semangat mereka, saya cuma bisa bilang,
'datang kesini berasa kayak orang tua lagi nungguin anaknya pulang sekolah!'
Hahahha...no...no...bercanda...
Maksudnya, I'm gladly announce, 'our future is saved!'

Seneng deh kalau acara seperti ini bisa berlangsung seterusnya, karena manfaatnya kerasa banget untuk perkembangan wawasan anak bangsa. Semoga adik-adik kita ini nantinya bisa mewujudkan cita-cita mereka dengan baik ya, dan mari kita dukung juga usahanya! Sekian cerita kali ini. Terimakasih sudah membaca yah!

Love, 
Lia.

You Might Also Like

2 sweetness

  1. Ih bener li, aku dateng ke acara ini tuh merasa "udah tua nih, tapi masih gaptek" wakaka

    ReplyDelete
  2. nggak beda jauh lah ya umurnya sama kita2 sis hahahaha

    www.deniathly.com

    ReplyDelete

Leave your thoughts below.

Like us on Facebook

Flickr Images